Senin, 11 April 2011

PEYATIM - Malaysia Kunjungi MPS dan Mendonasikan 1000 Ringgit untuk Panti Asuhan

Hari Ahad 9 April Jam 09.00 WIB bertempat diruang Rapat PP Muhamamdiyah rombongan Pertubuhan Kebajikan Anak Yatim - Malaysia (PEYATIM) berdialog dengan Majelis Pelayanan Sosial PP Muhammadiyah, dialog tersebut diadakan sebagai kunjungan kerja Peyatim. Rombongan Peyatim berjumlah 7 orang dan dipimpin langsung oleh Dato Tengku Mahmud Bin Mansur Presiden Peyatim sekaligus mantan Wakil Menteri Pertanian Kerjaan Malaysia. Rombongan Peyatim langsung diterima oleh DR. Abdul Mu'ti. M.Ed Sekretaris PP Muhammadiyah dan di dampingi oleh pengurus MPS PP Muhamamdiyah (Sularno, Tati Rakhanawati, Ibnu Tsani, Dedi Warman)

Dalam dialog tersebut, PEYATIM menanyakan tentang bagaimana Muhammadiyah mengelola amal usaha terutama amal usaha sosial (panti sosial). Secara spesifik Peyatim ingin mendengar bagaimana kebijakan pelayanan sosial Muhammadiyah untuk anak, model perekrutan anak yang akan menjadi klien panti sosial serta pelayanan sosial yang diberikan untuk anak yatim dan anak terlantar. Selain berdilog tentang  kebijakan pelayanan sosial di Muhammadiyah, Peyatim juga meminta bantuan kepada Muhammadiyah untuk melatih tenaga pengasuh panti asuhan yang dimiliki dan dikelola oleh Peyatim.

Dalam dialog tersebut, Tengku Mahmud, juga menyatakan bahwa penyebab permasalahan sosial anak di Malaysia disebabkan karena faktor meninggalnya orangtua anak akibat kecelakaan lalu lintas. Tengku Mahmud juga menyampaikan saat ini Malaysia mengalami permasalahan solidaritas sosial. Dampak negatif dari pembangunan di Malaysia yang beroreantasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi  ternyata berdampak pada lemahnya solidaritas sosial. Hal tersebut terjadi karena tidak imbangnya antara ilmu pengetahahuan dan tekhnologi dengan ilmu solidaritas sosial.

Selain berkunjung ke kantor PP Muhammdiyah, rombongan Peyatim juga mengunjungi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Saat berkunjungan ke FISIP UMJ, MPS mempersilahkan kepada Peyatim untuk berdialog secara langsung seputar aktivitas jurusan Kesejahteraan Sosial Universitas Muhammadiyah Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, MPS juga mempersilahkan kepada FISIP UMJ untuk berkomunikasi dengan Peyatim terkait keinginan Peyatim kepada Muhammadiyah untuk melatih tenaga pengasuh yang dikelola Peyatim.

Setelah berkunjung ke FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, rombongan Peyatim langsung menuju Panti Asuhan Aisyiyah Lenteng Agung. Di panti asuhan, rombongan Peyatim diterima langsung oleh Ketua Panti Asuhan, ibu Amiruliah, dan didampingi pula oleh Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Jakarta Selatan. Selain berdialog tentang bagaimana pengelolaan panti, Peyatim Malaysia menyerahkan donasi untuk panti asuhan, dan diterima lansung oleh ketua Panti Asuhan Aisyiyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar